Kamis, 25 Agustus 2016

Kelebihan Jurusan

Keunggulan Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program studi ini berdiri sejak 1983. Misi program studi adalah menghasilkan lulusan yang professional. Program studi menyajikan mata kuliah yang relevan dengan kebutuhan, seperti linguistic, sastra, drama dan seni peran, pengajaran, jurnalistik, fotografi, kepenyiaran, pengelolaan perpustakaan, dan ESP (English for Spesific Purpose)
Dengan mata kuliah yang disajikan, lulusan prodi pendidikan bahasa, sastra Indonesia dapat menekuni profesi antara lain guru, ilmuwan, pustakawan, jurnalis, kolomnis, presenter, pelaku dan pengamat seni.
Bayangkan saja jika tidak da jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, maka kalian juga tidak akan mengenal profesi jurnalis, presenter, pelaku dan pengamat seni. 
Dan kapan lagi kalian dalam pelajaran bisa mempelajari drama, seni peran, jurnalistik, fotografi dan penyiaran yang jelas-jelas merupakan pelajaran yang paling mengasikan dan tentu tidak membosankan. 
Mata kuliah yang disajikan diajarkan langsung oleh dosen yang berkualifikasi S2 dan S3, serta para praktisi. Program studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah mempunyai fasilitas, yaitu laboratorium drama dan seni peran (Hibah Dikti 2006 & 2007) yang dilengkapi dengan PC editing, perekaman, digital photo, dan home theater. Program studi juga memiliki Laboratorium Microteaching yang lengkap dan nyaman. 

1. Profil Lulusan Sarjana Sastra Indonesia
Sarjana bidang Ilmu Pengetahuan Budaya yang mampu menganalisis bahasa dan sastra Indonesia sesuai dengan perkembangan linguistik, ilmu sastra, dan filologi sehingga dapat berperan dalam masyarakat secara bertanggung jawab.
2. Kompetensi Utama
a. Mampu menerapkan konsep-konsep teoretis dalam bidang linguistik, sastra, dan filologi;
b. Mampu menganalisis bahasa dan sastra, baik lisan maupun tulis, dalam perspektif linguistik, sastra, dan filologi dalam sebuah tulisan ilmiah.
3. Kompetensi Pendukung
a. Mampu mengemukakan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dalam bahasa Indonesia dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar;
b. Mampu menerapkan teori dan metode penelitian budaya;
c. Mampu menjelaskan corak dan dinamika kebudayaan Indonesia;
d. Mampu menguraikan ragam filsafat dan pemikiran modern;
e. Mampu memaparkan manusia dan masyarakat Indonesia kekinian dan hubungannya dengan bangsa lain dalam konteks global;
f. Mampu menganalisis gej ala bahasa Indonseia dengan paradigma fungsionalisme dalam berbagai tataran linguistik;
g. Mampu menganalisis sastra Indonesia modern dalam konteks masyarakat dan budaya Indonesia dengan berbagai pendekatan dan teori sastra;
h. Mampu menganalisis naskah klasik dengan menelusuri dan mengungkapkan kearifan budaya bangsa Indonesia serta mampu mengelola naskah klasik tersebut.
4. Kompetensi Lainnya
a. Mampu memanfaatkan teknologi informasi komunikasi;
b. Mampu berpikir kritis, kreatif, dan inovatif serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok;
c. Mampu menggunakan bahasa lisan dan tulisan dalam bahasa indonesia dan bahasa Inggris dengan baik untuk kegiatan akademik maupun non-akademik;
d. Memiliki integritas dan mampu menghargai orang lain;
e. Mampu mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar